Mahasiswa Unusa dalam generasi Aswaja annahdliyah

 

PENGERTIAN AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH

*Sunnah secara Bahasa adalah: Suatu jalan walaupun tidak dindlai.

*Sunnah secara Syara' adalah: Jalan yang diridlai (Allah) yang ditempuh dalam agama, yaitu yang ditempuh oleh Rasulullah saw. dan yang lainya, yang faham terhadap agama, dari kalangan para sahabat.

*Sunnah secara Urf (tradisi), adalah: Suatu ajaran yang diikuti secara konsisten oleh para pengikut, baik nabi maupun wali. Dan istilah sunny adalah misbat kepada sunnah.

PENGERTIAN AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH

*Jama'ah adalah sekelompok orang yang berkanipul dan benan diatas kebenaran yang berdasarkan al-Qur'an dan Hadits, dan mereka adalah para sahabat dan orang-orang yang setia mengikati mereka (ab'in) walaupun jumlah merka sediki

*Ahlus Sunnah wal Jama'ah adalah Golongan yang berpegang teguh dengan Al-Qur'an dan sumali serta pemahaman dan penerapan para silabat dalam memahami dan mengusalkan Islam. Termasuk dalam golongan mereka para sahabat rosal, thin, tabit tabia, kaum ulara sunnah dan para pengkat mereka (dari seran lapisan una) sampai hari kiamat.

PENGERTIAN NAHDLATUL ULAMA'

*Nabolarul Ulama adalah sebuah organisasi agama Islam yang mengikuti paham Ahhs Sunnah wal Jama'ah dan terbentuk pada tahun 16 Rejab 1341/31 Januari 1926 di Surabaya, yang lahir dari pesantren, pendirinya adalah KH. Hasyim Asy'ari beserta para kyai yang lainnya seperti KH. Abdul Wahab Hasbullah, KH. Bisri Sari, KH. Ridwan Abdullah, KII. Mas Alwi Abdul Aziz, dan lain sebagainya.

TRADISI NU DALAM MADZHAB

*Secara spesifik, NU merumuskan Aswaja sebagai sebuah mazhab yang dalam berakilah mengikuti salah satu dari dua imam: Al-Asy'ari dan Al-Maturidi (Bukhara), dalam abadiyah mengikuti salah satu imam empat (Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hambali), dan dalam bulang nauf mengikuti salah satu dari dua imam Al-Junaidi atau Al- Ghaza

EMPAT DASAR PRINSIP NAHDLATUL ULAMA

.Tawassth/Moderat

.Tasamah/Toleransi

.Pidal Adil dan Tegak Lunus

.Txan/Keseimbangan

TAWASSUTH/MODERAT

*Tawah adalah bangkah pengambilan jalan tempah hagi dan kitab pemikiran yang ekwers tacher, milya antara Qadaiyyah dan Jabariyyah, antara skupeme criodiks dengan rame Manilah dan antara Sofistne salafi dan Safe falfi Dalan pengembalas jalan tempah ini juga disertai dengan sikap al Ipad toodat yang top memberikan rang dialog bagi para pemkir yang berbeda-beda.

*Deaper silap wah, NU akan menjadi satan wasaan kompol moderat). Dalam kehidupan soal kayacakatan, Nahdlatul Ulama menyikapi fenveena Senomena sal beruha und runding at all dari banyak dan mempertimbangkan hak hal sebelum menyatakan sikap. Hal ini penting k menghinalari fanatie buna yang kemudian melahirkan ekstrimistoe

TASAMUH/TOLERAN

*TASAMUH yaitu menghargai perbedaan serta menghormati orang yang memiliki prinsip hidup yang tidak sama.

AI ISNAADU MINAD DIIN


-Berguru dan memiliki sanad keilmuan adalah bagian dari agama

-Barang siapa yang belajar tanpa guru maka dia berguru kepada setan

-Sanad keilmuan sebagai keterambungan silsilah keilmuan dari marid kepada sang paru


Linktemanhttps://cleoevangeliacora.blogspot.com/2023/09/mahasiswa-unusa-dalam-generasi-aswaja.html





Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA BToPH 1

POST NEWS PRA 4 BToPH 2023

POST NEWS PRA 5 BToPH 2023